Jumat, 22 November 2013

bandrek & bajigur, 2 minuman khas indonesia : apa bedanya?

siapa sih yang ngga tau minuman penghangat badan asli dari indonesia bajigur & bandrek? minuman khas dari Tanah Priangan ini bisa dibilang sudah cukup melegenda dan sangat merakyat. 2 minuman ini biasanya disajikan bersama kacang rebus, ubi rebus, klepon, dan lain sebagainya dalam satu gerobak. Dalam penyajiannya, kadangkala ditambah dengan sedikit kolang-kaling (atau biasa disebut cangkaleng dalam Bahasa Sunda) yang diiris tipis.



Bajigur & bandrek biasanya paling pas untuk dinikmati kala hujan ataupun cuaca dingin. Selain lezat kedua minuman ini juga menyehatkan, bisa mengurangi kelelahan, meredakan batuk dan flu, serta badan akan terasa lebih enteng setelah kita meminum minuman ini. namun dibalik itu semua, biasanya masih ada orang yang sulit membedakan perbedaan diantara 2 minuman ini. supaya ngga bingung lagi apa perbedaan antara bajigur & bandrek, yuk kita bahas apa bedanya

1. bajigur



minuman ini isinya didominasi santan, gula merah dan kopi bubuk plus irisan kolang kaling. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit garam dan bubuk vanili. Dibandingkan bandrek, minuman ini cenderung lebih "lembut" dan lebih manis.

2. bandrek



minuman ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan bajigur, yang membedakan cuma bahan dasarnya. Kalau pada Bandrek bahan dasarnya cukup jahe dan gula merah, atau jika sesuai bisa dicampur dengan rempah juga, rempah - rempah tersebut ditambahkan untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya.

sekarang ini, Bajigur dan bandrek banyak dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk yang tinggal diseduh menggunakan air hangat, tujuannya agar bisa dinikmati secara praktis kapanpun dan dimanapun tanpa harus repot-repot membuat minuman ini secara tradisional. 

jadi, yang mana minuman favoritmu?






sumber gambar:
http://www.hanjuang.com
http://www.bubblews.com
http://www.sajiansedap.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Episode Black Mirror Terburuk - Terbaik (Part 1)

Di abad 21 ini kita hidup di tengah era revolusi teknologi informasi, dimana hampir seluruh aktivitas kita mulai terdigitalisasi & tera...