Sabtu, 09 Februari 2013

sejarah pembuatan brownies

saat ini brownies sudah menjadi panganan yang cukup populer baik di dunia ataupun di Indonesia. ada berbagai jenis brownies yang sudah kita kenal seperti brownies kukus, brownies bakar, brownies kering, dll. tidak seperti beberapa tahun yang lalu, brownies saat ini tidak hanya polos, tapi sudah dilengkapi dengan berbagai macam topping seperti keju, strawberry, coklat putih, blueberry, kacang, kopi, dan lain-lain.



tapi tahukah kamu jika sebenarnya brownies  pertama kali diciptakan secara tidak sengaja, sedikitnya ada 2 versi tentang cerita pembuatan brownies, berikut ceritanya:

yang pertama adalah cerita tentang seorang koki yang sedang membuat kue coklat tetapi lupa menambahkan baking powder, hal ini mengaibatkan kue coklat ini tidak mengembang, sehingga dihasilkanlah sebuah kue coklat yang bantat, seperti yang sering kita lihat sekarang ini.

cerita kedua adalah tetntang seorang pemuda sederhana yang sedang membuat kue coklat, setelah membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dengan sisa uang terakhirnya diapun membuat kue tersevut dengan resep yang dimilikinya. namun ternyata kue tersebut tidak sesuai harapan. pemuda yang kecewa  lalu meninggalkan kue tersebut. keesokan harinya temannya datang dan mengambil kue itu tanpa sepengetahuan dirinya. temannya pun lalu menjual kue itu ke penduduk sekitar, para pembeli ternyata sangat menyukai kue bantat ini dan mengiranya sebagai resep kue baru. keesokan harinya para penduduk pun memesan kembali kue tersebut sehingga kue buatan pemuda ini menjadi semakin terkenal.

lalu dari kedua cerita tersebut cerita mana yang benar? entahlah, tapi bagaimanapun juga kue brownies ini sudah terlanjur mendunia dan disukai oleh jutaan orang, andapun menyukainya bukan?

1 komentar:

mawi wijna mengatakan...

oh, jadi brownies itu tanpa pengembang kue ya? saya pikir karena banyak telur jadinya bantat.

Posting Komentar

Episode Black Mirror Terburuk - Terbaik (Part 1)

Di abad 21 ini kita hidup di tengah era revolusi teknologi informasi, dimana hampir seluruh aktivitas kita mulai terdigitalisasi & tera...