Selasa, 09 Oktober 2012

nasi-nasi khas timur tengah: kebuli, mandhi, & biryani

waktu kita berkunjung ke rumah makan khas timur tengah, umumnya kita akan ditawari 3 jenis nasi yang berbeda, yaitu nasi kebuli, nasi mandhi, & nasi biryani. buat orang yang baru mendengar ketiga istilah itu ataupun baru mendengar salah satunya biasanya akan bertanya-tanya kepada pramusaji, "apa bedanya"?

sekarang daripada repot-repot bertanya seperti itu, kami akan mencoba menerangkan perbedaan dari ketiga nasi tersebut.


nasi kebuli



Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis bahkan kacang mete. nasi kebuli ini biasanya memiliki ciri khas memiliki rasa dan aroma seperti kari dan berwarna kuning.


nasi mandhi



Nasi Mandhi merupakan masakan yang berasal dari Yaman, warna nasi tidak begitu kuning seperti nasi kebuli melainkan seperti nasi putih dengan campuran rempah-rempah. nasi mandhi memiliki aroma rempah-rempah yang kuat karena kapulaga yang digunakan, selain itu yang menjadi ciri khas dari nasi ini adalah aroma asap arangnya yang meresap kedalam nasi karena dimasak menggunakan arang sehingga menimbulkan sensasi tersendiri. nasi mandhi biasa dimakan dengan daging kambing.


nasi biryani



Biryani  adalah hidangan berupa nasi yang dimasak bersama rempah-rempah, sayuran, atau daging.  Nasi Biryani berasal dari persia, kata biryani sendiri berarti goreng atau panggang dalam bahasa persia . nasi biryani memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan aroma rempah lebih tajam jika dibandingkan dengan nasi mandhi. sama seperti nasi mandhi, nasi biryani juga biasa disajikan dengan daging kambing.


ketiga hidangan ini biasanya dibuat menggunakan beras basmati yang berasal dari india. berbeda dengan beras indonesia pada umumnya, beras ini memiliki bentuk lebih langsing dan lebih panjang. beras ini juga memiliki aroma yang lebih harum jika dibandingkan dengan beras biasa.



*sumber gambar:
http://t2.gstatic.com
 http://recipeblog.in

6 komentar:

Madu Asli - High Desert mengatakan...

lalu apa bedanya dengan Nasi Kabsah gan?

my_info mengatakan...

apa bedanya nasi briyani dan nasi bukhori???

my_info mengatakan...

apa bedanya nasi briyani dan nasi bukhori???

Anonim mengatakan...

Nasi kebuli sebenarnya adalah nasi kabsah yang telah dimodifikasi dengan rempah indonesia,,sedangkan nasi bukhori sama dengan nasi kabsah , perbedaan pada nama dan sedikit pada bumbu sesuai daerah asal

Anonim mengatakan...

Sedikit koreksi tulisan sebelumnya ,,Nasi bryani dimasak dengan susu yoghurt,,sedang nasi bukhori mirip nasi kabsah minus sayuran,,nasi kabsah satusatunya yg pake sayuran seperti wortel,papria dsb,,,,secara umum kabsah,mandy,bryani,bukhori pake bumbu yang nyaris sama seperti minyak, bwng bombay, lada,kapolaga, cengkeh ,kayumanis , jinten, tomat, rempah lainnya diseshaikan sesuai jenis nasinya seperti daun salam, ketumbar, susu, pasta tomat, butter, jahe,sereh, jeruk limo dst

cstwinpoker mengatakan...

enak dan menggungah selera saja..heheh
numpang share ya terima kasih..

berita terbaru
berita nasional
berita sports
berita hiburan
berita bola
jadwal bola

Posting Komentar

Episode Black Mirror Terburuk - Terbaik (Part 1)

Di abad 21 ini kita hidup di tengah era revolusi teknologi informasi, dimana hampir seluruh aktivitas kita mulai terdigitalisasi & tera...